Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 2]

Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 2]

Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya


Riwayat Computer Generasi Pertama (1946-1959) 

Riwayat computer generasi pertama yakni digital elektronik atau dapat di ucap dengan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Adalah salah satunya yang dipakai jadi keperluan umum.

Program pada ENIAC, telah di desain pada tahun 1942, serta baru mulai di lakukan pada tahun 1943 oleh John Presper Eckert serta Dr. John W. Mauchly di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) serta usai pada tahun 1946.

Bentuk program ENIAC memiliki ukuran besar sekali, dalam peletakan program itu memerlukan ruangan sebesar 500m2. ENIAC menggunakan 18.000 tabung hampa udara, dan 75.000 relay serta saklar, 10.000 kapasitor serta memakai 70.000 resistor.

Saat mulai dioperasikan, ENIAC memerlukan daya listrik yang besar sekali yakni 140 kilowatt. Dengan berat mesin lebih dari 30 ton, serta benar-benar mengonsumsi banyak ruang 167 m2.

Piranti lunak computer yang pertama-tama sudah ditingkatkan yakni, computer jadi design pesawat serta peluru kendali. Salah satunya ilmuwan yang kerjakan ide peningkatan itu adalah Konrad Zuse, satu orang Insinyur datang dari Jerman.

Pada pertengahan tahun 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) masuk bersama dengan team University Of Pennysylvania. Dalam proses membuat ide design computer 40 tahun akan datang masih digunakan dalam teknik dalam membuat computer.

Von Neumann mendesain EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer) pada tahun 1945 dengan satu ingatan untuk memuat baik program maupun data. Teknik seperti ini, sangat mungkin pengerjaan computer supaya berhenti dalam satu waktu dan meneruskan kerjaannya kembali.

Peranan penting arsitektur Von Neumann ialah unit pemrosesan sentra CPU (Central processor unit), yang dapat semua peranan computer dikoordinasikan lewat satu sumber tunggal. Beberapa ciri computer generasi pertama ialah CPU.

Riwayat computer generasi 1 mempunyai ciri spesial, yakni petunjuk dalam menjalankan dibikin dengan detil untuk satu pekerjaan tersendiri. Tiap computer memiliki program seperti kode-biner.

Semasing yang berlainan disebutkan dengan Machine Language (Bahasa Mesin). Ini mengakibatkan program computer susah untuk diprogramkan serta batasi kecepatannya.

Beberapa ciri Computer Generasi Pertama Ialah:
  1. Ukuran fisik hardware computer semakin besar, membutuhkan ruangan yang luas. 
  2. Petunjuk operasi dibikin dengan detil untuk pekerjaan tersendiri. 
  3. Programnya cuma dapat dibikin memakai bahasa mesin. 
  4. Computer memiliki silinder magnetik untuk menaruh data. 
  5. Memakai Simpanan Luar Magnetic Tape serta Magnetic Disk. 
  6. Memerlukan daya listrik yang besar. 
  7. Suhunya cepat panas, hingga dibutuhkan pendingin. 
  8. Daya simpannya kecil. 
  9. Prosedurnya kurang cepat. 
  10. Memakai Ide Stored Program dengan ingatan intinya ialah Magnetic Core Storage. 
  11. Sirkuitnya Memakai Tabung Hampa. Pemakaian Tabung Hampa itu yang membuat ukuran computer pada saat itu memiliki ukuran besar sekali. 

Central processing unit yang ada dalam computer generasi 1 adalah mesin pertama yang dipakai untuk menjalankan semua skema computer.

Piranti computer yang pertama-tama dikembangkan yakni, design computer pesawat serta peluru kendali. Ilmuwan yang menggagas ide peningkatan itu ialah Konrad Zuse, satu orang Insinyur asal Jerman.

Selanjutnya, pada pertengahan 1940an, riwayat computer dirubah itu mengawali perubahan selanjutnya, yang dikerjakan oleh John von Neuman.

Ciri penting dari computer generasi pertama ialah CPU. Central processing unit yang ada dalam computer generasi I ialah mesin pertama yang dipakai jadi mengoperasi semua skema computer.

Sedang program penting yang ada di computer generasi pertama ialah “machine language”.

Riwayat Computer Generasi Ke-2 (1959 – 1964)

Pergantian dalam Penemuan penting terjadi di generasi ke-2. Yaiut transistor, alat hebat yang dapat optimalkan kapasitas computer cukup dengan ukuran yang benar-benar kecil.

Penemuan alat ini, dapat memengaruhi perubahan computer pada generasi ke-2, secara cepat. Pada 1959-1960an, beberapa ilmuwan mengawali mengerjakan computer generasi ke-2.

Beberapa dari intansi, perusahaan, kampus, serta pemerintah sudah manfaatkan kehebatan dari computer generasi ke-2. Arti dari penemuan computer generasi 2 ini ialah transistor, yang dapat membuat riwayat computer generasi ke-2, memiliki ukuran lebih kecil dibanding dengan computer generasi pertama.

Mesin pertama yang memakai tehnologi paling baru ini ialah super computer. IBM sudah membuat super computer bernama Stretch, serta Sprery-Rand serta membuat computer bernama LARC.

Riwayat computer yang ditingkatkan di laboratorium daya atom, bisa menangani sebagian besar data, satu potensi yang benar-benar diperlukan oleh beberapa periset atom.

Harga mesin itu benar-benar mahal serta condong begitu kompleks, jadi keperluan komputasi usaha, hingga membuat terbatasnya dalam kepopulerannya. Cuma ada dua LARC sudah dipasang serta dipakai, satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, serta yang lain di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Computer generasi ke-2 sudah gantikan tempat bahasa mesin dalam bahasa assembly. Serta Bahasa assembly ialah bahasa yang memakai singakatan jadi alternatif kode biner.

Pada awal 1960an, mulai banyak muncul riwayat computer generasi yang ke-2 yang sudah sukses melaju di bagian usaha, pada kampus serta di pemerintahan. Computer generasi ke-2 ini computer yang seutuhnya sudah memakai Transistor.

Mereka memiliki elemen yang bisa dipadukan dengan computer pada sekarang seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, serta program.

Salah satunya contoh penting computer pada saat ini yakni type IBM 1401 yang sudah diterima dengan luas di golongan industri. Pada tahun 1965, hampir semua bisnis-bisnis besar memakai computer generasi ke-2 dalam mengolah info keuangan usaha.

Program yang sudah digerakkan tersimpan di computer serta bahasa pemrograman yang berada di dalamnya memberi elastisitas pada computer.

Computer digital yang pertama mempunyai ukuran bentuk yang besar sekali, dan harga yang tinggi untuk membuat. peranan computer pada generasi ke dua umumnya cuma dipakai jadi penghitungan ilmiah.

Riwayat Computer pada generasi ke-2 juga mempunyai tempat skema penyimpanan sendiri. Yakni, Kemampuan ingatan penting di bisa dari. Magnetic Core Storage serta memakai bentuk simpanan luar, yang berbentuk Magnetic Tape serta Magnetic Disk.

Transistor dibandingkan dengan tabung, tehnologi transistor tambah lebih gampang serta efektif, jadi switch serta bisa lebih diperkecil ke rasio mikroskopik.

Pada tahun 2001 peniliti Intel sudah memperkenalkan silikon berbentuk paling kecil serta paling cepat di dunia, dengan ukuran sebesar 20 nanometer atau sesuai dengan ukuran sepermiliar mtr., yang dapat dipakai pada processor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz).

Beberapa ciri Computer Generasi Ke-2 Ialah: 
  1. Telah memakai operasi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi COBOL serta FORTRAN. 
  2. Kemampuan ingatan penting sudah ditingkatkan dari Magnetic Core Storage. 
  3. Menggunakan simpanan di luar yang berbentuk magnetic tape serta magnetic disk. 
  4. Kemapuan dalam lakukan proses real-time serta real-sharing. 
  5. Ukuran fisiknya telah lebih kecil bila dibanding dengan computer generasi pertama. 
  6. Proses operasi telah bertambah cepat, yakni dapat lakukan juta-an operasi per detik. 
  7. Keperluan pada daya listrik lebih kecil. 
  8. Orientasinya pemakaian program tidak tertuju pada aplikasi usaha, tetapi juga pada aplikasi teknik. 
Pada masa computer generasi ke-2, mengisyaratkan permulaan timbulnya minikomputer yang disebut paling besar ke-2 dalam keluarga computer. Harga tambah murah dibandingkan dengan generasi pertama. Computer DEC PDP-8 yakni minikomputer pertama yang dibikin pada tahun 1964, jadi pemrosesan data komersial.

Beberapa jenis computer lain sudah ada pada generasi ini salah satunya UNIVAC III, UNIVAC SS80, 1107, serta SS90, IBM 1400, 7080, 7070, serta 1600.

Kelebihan dari computer dizaman ini ialah memiliki bentuk yang efektif yang tidak sebesar awalnya, computer dalam generasi ini lebih luas dalam aplikasinya kehidupan. Seperti segi kesehatan, pendidikan, industri dan sebagainya.

Sedang kekurangan computer pada saat ini ialah dalam sisi transistor yang banyak membuahkan panas yang lumayan besar, yang akan punya potensi mengakibatkan kerusakan beberapa bagian internal computer yakni quartz rock (batu kuarsa).

Dalam bahasa assembly dipakai kode-kode seperti singkatan yang gantikan kode biner. Computer ini dapat mengalkulasi daftar upah, mendesain produk, cetak data hingga computer generasi ke-2 ini sukses di market.

----> sambung bagian ketiga

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 2]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel