Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 3]

Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 3]

Riwayat Computer Generasi Ke-3 (1964 – 1970) 

Computer generasi ke-3 ialah perubahan yang lewat step yang benar-benar cepat dari perubahan computer yang ada. Computer generasi ke-3 ada semenjak masa 1964-1970an.

Dalam penggunaanya, transistor jadikan kapasitas computer bertambah cepat panas. Hingga, membuat computer generasi ke-2 mulai dibiarkan. Selanjutnya salah satunya satu orang ilmuwan bernama Jack Billy, coba kembali lakukan riset.

Selanjutnya pada tahun 1958, ia sudah membuat elemen yang lebih hebat , dibanding dengan transistor yang membuat computer cepat panas barusan. Penemuannya Yaitu IC atau Integrated Sirkuit chip kecil yang dapat kumpulkan serta memuat banyak elemen jadi satu.

Pada generasi ke-3 berikut riwayat computer tehnologi Integrated Sirkuit (IC) jadi salah satunya ciri penting. Sebab mulai familiar serta banyak dipakai pada suatu piranti computer sampai generasi saat ini.

IC dibikin pertama-tama oleh satu orang bernama, Texas Istruments serta Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang berisi cuma enam transistor saja. Dapat kita coba banding dengan processor sekarang yang kita pakai sudah mempunyai juta-an, beberapa puluh, beberapa ratus juta transistor.

Serta sudah dibuat processor yang mempunyai miliaran transistor. Dari satu perubahan yang mengagumkan dalam waktu kurang dari 1/2 era.

Beberapa ciri computer generasi ke-3 ialah: 

  1. Pemakaian listrik lebih irit. 
  2. Penambahan dari bagian software. 
  3. Harga makin murah. 
  4. Kemampuan ingatan semakin besar, serta bisa menaruh beberapa ratus ribu ciri-ciri (awalnya cuma beberapa puluh ribu). 
  5. Sebab sudah memakai IC karena itu kapasitas computer jadi lebih pas serta cepat. 
  6. Kecepatannya hampir 10.000 kali bertambah cepat dari computer generasi pertama. 
  7. Potensi lakukan multiprocessing serta multitasking. 
  8. Sudah memakai terminal visual display serta bisa keluarkan suara. 
  9. Memakai media penyimpanan luar disket magnetik (eksternal disk) yang karakter pengaksesan datanya dengan acak (acak access) dengan kemampuan besar (juta-an ciri-ciri). 
  10. Potensi lakukan komunikasi dengan computer lain. 

UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, IBM S/360, UNIVAC 1108, GE 600, CDC 3000, 6000, NCR Century, serta 7000, PDP-8, serta PDP-11 (pabrik pembuat yakni dari Digital Equipment Corporation) Riwayat computer, di atas adalah contoh computer generasi ke-3.

Dengan demikian, ukuran computer jadi lebih sederhana serta kecil. Pada computer generasi ke-3 bertambah cepat di bidang skema operasi serta dapat jalankan beberapa program dengan bertepatan.

Riwayat Computer Generasi Ke empat (1979 – 2000an) 

Computer generasi ke empat ialah pergantian dari generasi ke 3, perdaanya jika IC pada computer generasi 4 lebih kompleks serta terpadu dibanding dengan generasi awalnya yakni generasi ke-3.

Pada generasi ke empat, computer telah mulai memakai chip IC, selanjutnya baru mulai ditingkatkan . Oleh perusahaan Very Large Scale Integration. Untuk coba kerjakan peningkatan itu semenjak tahun 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal dapat memuat beberapa ribu elemen.

Semenjak tahun 1970 ada dua perubahan yang dipandang seperti computer generasi 4. yang Pertama, pemakaian Large Scale Integration (LSI) yang dapat dinamai Bipolar Large Large Scale Integration.

LSI adalah beberapa kumpulan pemadatan beribu-ribu IC, yang jadikan satu pada suatu keping IC yang dapat kita ucap dengan nama chip. Arti penyebutan chip dipakai dalam tunjukkan satu lempengan yang berupa, persegi empat yang berisi serangkaian terintegrasi IC.

LSI selanjutnya bisa ditingkatkan jadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang bisa memuat beberapa puluh ribu serta sampai beberapa ratus ribu IC.

Selanjutnya ditingkatkan jadi computer mikro, yang memakai semikonduktor serta mikroprosesor yang berupa chip. Jadi ingatan computer internal sesaat, sedang generasi awalnya cuma memakai magnetic core storage.

Perusahaan Intel mulai dari tahun 1971 sudah mengenalkan mikrokomputer 4 bit yang telah memakai chip processor dengan panggilan 4004 yang berisi 230 transistor serta berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) serta bisa menyelesaikan sampai 60.000 operasi per detik.

Diteruskan pada tahun 1972, Intel mengenalkan mikrokomputer dengan nama 8008 yang dapat mengolah 8 bit info cuma pada satu waktu. Seterusnya dilanjut dengan mikroprosesor 8080 dibikin pada tahun 1974, serta yang disebut processor jadi arah umum pertama yang sukses ditingkatkan.

Bila awalnya processor 4004 serta 8008 direncanakan cuma untuk keperluan aplikasi tersendiri, serta processor 8080 mempunyai kapasitas potensi bertambah cepat serta memilki set petunjuk yang lebih kaya, dan mempunyai potensi lebih dalam pengalamatan yang semakin besar.

Riwayat computer pada generasi ke empat mempunyai penampilan monitor, masih memakai satu warna (green color).

Komputer- computer generasi ke empat salah satunya ialah Apple II, PDP-11, VisiCalc, serta IBM 370, Apple I serta Altair yang telah memakai processor Intel 8080, dengan skema operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dalam bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

Beberapa ciri computer generasi ke empat Ialah:
  1. Memakai LSI (Large Scale Integration). 
  2. Ditingkatkan computer mikro yang telah memakai semiconductor serta micro processor yang berupa chip untuk ingatan computer. 
  3. Computer generasi ke empat salah satunya ialah : AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PC/IBM PC/486.) IBM Pentium II 
  4. Jadi catatan jika pada komputer-komputer generasi ke empat ini tidak satupun yang PC-Compatible atau Macintosh-Compatible. Hingga pada generasi ini belum mempunyai standard satu computer khususnya personal computer (PC). 

Dari sinilah, arti “personal computer” atau PC ada. Berarti, piranti computer mulai di pasarkan ke bidang perseorangan. Tentu saja bukan sekedar sampai disana saja, nampaklah piranti computer tebaru yang gampang dibawa ke mana-mana, yakni Laptop.

-----> sambung bagian 4

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 3]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel