7 Cara Ampuh Mempercepat Ponsel Android

7 Cara Ampuh Mempercepat Ponsel Android

7 Cara Ampuh Mempercepat Ponsel Android - Smartphone Android sering berasa makin lemot serta gampang crash. Hal ini pasti menyedihkan, ditambah lagi jika yang dibeli ialah hp canggih pada harga hampir sampai beberapa puluh juta rupiah.

Waktu baru pertama-tama dibeli, hp Android kerja dengan gegas serta lancar. Sesudah beberapa waktu digunakan baru berasa kapasitasnya menyusut.

Kapasitas yang lemot itu sebetulnya tidak selamanya permanen. Ada-ada saja yang berlangsung sebab satu karena serta dapat sembuh dengan tempuh langkah tersendiri.

7 Cara Ampuh Mempercepat Ponsel Android

1. Up-date OS 

Yakinkan hp Android yang Anda gunakan telah diperbaharui ke skema operasi jenis paling baru. Triknya, masuk ke Setting> About device> Software up-date serta sentuh tombol Cek for updates.

Jika temukan pembaharuan, selekasnya ambil serta pasang ke hp Anda. Umumnya, tidak hanya melakukan perbaikan kapasitas, pembaharuan ini berisi berbagai aplikasi baru.

Hal sama berlaku pada aplikasi yang terpasang di hp. Upayakan selalu untuk mengupdatenya supaya kapasitas aplikasi itu masih kencang.

Tentunya tidak semua produsen hp meluncurkan pembaharuan untuk skema operasi Android yang mereka gunakan. Serta, pembaharuan keamanan atau skema dengan periodik juga sering tidak ada.

Jika itu yang berlangsung, tidak banyak yang dapat dibuat. Pemakai cukup memerhatikan saja serta pilih produsen yang rajin mengupdate software mereka.

2. Membersihkan home screen 

Home screen atau monitor penting sering dipenuhi beberapa shortcut (pemintas) aplikasi, baik yang baru dipasang atau sebab seringkali digunakan. Coba untuk bersihkan pemintas itu, hapus serta sisakan sekedarnya saja.

Diluar itu, yakinkan jika wallpaper yang dipasang berbentuk statis. Jauhi wallpaper bergerak sebab ini bertindak memberatkan kapasitas hp.

3. Hapus atau matikan aplikasi tidak terpakai 

Jika temukan aplikasi yang jarang-jarang ataukah tidak pernah digunakan, selekasnya hapus. Pasalnya aplikasi itu penuhi ruangan pemrosesan dalam hp. Berarti, aplikasi itu punyai terlibat dalam memberatkan kapasitas.

Bila tidak dapat dihapus, umumnya Anda masih dapat mematikan aplikasi itu agar tidak mengonsumsi ingatan.

Triknya, masuk ke Settings> Apps serta lihat aplikasi yang berada di sana. Jika temukan salah satunya atau beberapa yang nyatanya tidak bermanfaat, langsung sajak click serta pilih disable untuk mematikan tanpa ada menghapusnya atau uninstall supaya langsung dihapus.

4. Matikan animasi 

Kurangi atau matikan animasi, karena itu kapasitas Android Anda dapat lebih kencang. Triknya, masuklah ke mene Settings> About phone selanjutnya cari menu Piranti information atau systems.

Dari menu itu, mencari kolom yang tampilkan Build number. Sentuhlah kolom itu sekitar 7 kali untuk aktifkan model Developer.

Sesudahnya, di menu Settings, akan ada pilihan Developer pilihan. Masuklah kesana serta dapatkan kolom Window animation scale, Transition animation scale, dan Animation duration scale. Dengan berurutan, ganti angka yang tercantum jadi 0.5x atau Animation off.

5. Membersihkan cache aplikasi 

Aplikasi umumnya menaruh data cached supaya bisa dibuka kembali secara cepat. Seiring waktu berjalan serta penggunaan hp, data cached itu dapat menumpuk semakin besar serta mengonsumsi banyak ingatan. Kapasitas hp melambat.

Agar kapasitas sedikit lebih lancar, coba longgarkan ingatan hp Anda. Masuk ke Settings> Apps, selanjutnya pilih aplikasi yang umumnya menaruh banyak cache. Contohnya sosial media seperti Path. Membuka aplikasi itu serta pilih Clear Cache.

Jika memakai Android 6.0.1 Marshmallow, Anda dapat buka Settings> Storage serta pilih cari kolom Clear cache.

Pada praktiknya tiap hp menempatkan kolom clear cache ini di tempat yang berlainan.

Juga bisa memakai aplikasi faksi ke-3 yang dapat bersihkan cache, contohnya CC Cleaner atau Clean Master.

6. Matikan auto-sync 

Sering pemakai Android menempatkan banyak account, baik berbentuk sosial media, e-mail serta yang lain. Akun-akun itu biasanya terpasang dalam keadaan auto-sync menyala.

Auto-sync sendiri adalah aplikasi yang bermanfaat supaya aplikasi automatis menarik data paling baru dalam waktu tersendiri, misalnya untuk terima e-mail. Walau bermanfaat, bila telah kebanyakan aplikasi yang menggunakannya, karena itu auto-sync dapat juga membuat hp jadi lemot.

Nah, jalan keluarnya ialah pilih serta mematikan auto-sync pada aplikasi tersendiri. Khususnya yang tidak banyak membutuhkannya.

7. Factory reset 

Jalan paling mudah untuk melakukan perbaikan kapasitas hp Android Anda adala lakukan Factory Reset. Ini akan membuat software hp kembali ke keadaan waktu Anda baru membelinya serta bersihkan semua data yang berada di dalamnya.

Memang ini tidak simpel sebab akan meniadakan semua aplikasi serta data. Serta Anda harus mengambil lagi beberapa aplikasi yang penting, lalu menyalin lagi data-data.

Tetapi dengan lakukan Factory Reset dengan periodik, kapasitas hp dapat dijaga agar masih kencang. Janganlah lupa untuk menyiman data cadangan sebelum Anda lakukan ini.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Ampuh Mempercepat Ponsel Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel