Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 4]

Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 4]
drgfegegegdege

Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 4]


Riwayat Computer Generasi Ke lima (Saat ini) 

Computer generasi ke lima yakni saat saat ini, tengah banyak dikerjakan peningkatan oleh beberapa vendor elektronik. Computer generasi ke lima seringkali disebutkan dengan computer generasi hari esok.

Pada perubahan seterusnya akan ada bayak pergantian besar berlangsung, jika semenjak IBM-PC dikenalkan serta bukan hanya satu manufaktur PC-compatible.

Karena itu standard baru di dunia industri PC, semakin lebih banyak di aplikasikan serta lebih ditingkatkan oleh perusahaan lain. Seperti Intel serta Microsoft yang dipelopori oleh W.Bill Gates yang sekarang sudah jadi pionir standard hardware serta software dunia.

Beberapa bukti salah satunya ialah timbulnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, serta banyak, penemuan-penemuan paling baru pada sekarang yang dapat kita jumpai.

Riwayat perubahan computer generasi ke lima adalah computer, yang kita pakai pada saat ini. Generasi ini diikuti timbulnya. LSI (Large Scale Integration) yang disebut pemadatan beberapa ribu microprocessor dalam suatu microprocesor pada sekarang.

Diluar itu, diikuti dengan timbulnya semi conductor serta microprocessor.

Perusahaan yang sudah membuat micro-processor salah satunya adalah perusahaan Intel Corporation, Zilog, Motorola, serta yang lain masih banyak. Di market bisa kita jumpai dengan gampang, adanya microprocessor dari Intel dengan mode 4004, 80386, 8088, 80286, 80486, serta Pentium.

Pentium empat adalah keluaran produksi paling baru dari perusahaan Intel Corporation yang diinginkan kedepanya bisa menutupi kekurangan serta semua kekurangan yang ada. Pada produk awalnya. diluar itu, potensi dan kecepatan yang sudah dipunyai Pentium-4 makin bertambah jadi 2 Ghz.

Pada tahun 2001 Intel sudah sukses mengeluarkan processor Itanium, adalah processor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama dari produk intel.

Itanium ialah processor pertama yang dipunyai Intel dengan petunjuk 64 bit serta akan mengelurkan satu generasi paling baru dari mulai skema operasi serta aplikasi, selain itu produk intel masih menjaga backward compatibility dengan software 32 bit.

Butuh dimengerti terlebih dulu jika semenjak dikeluarkannya processor 386, computer dapat bekerja pada 32 bit per unit waktu dalam menyelesaikan info sampai Pentium 4. Saat saat ini computer yang dipakai umumnya masih seringkali memakai yang berbasiskan 32 bit.

Pada generasi pentium, tidak hanya ciri khasus yang dipunyai dari penambahan kapasitas kecepatan akses datanya dan penampilan gambar telah mempunyai resolusi (kualitas gambar) telah bagus serta berwarna dan multimedia memberi dukungan, serta yang lebih penting ialah peranan elemen computer jadi lebih pintar.

Walau computer pada generasi sekarang, dengan ukuran fisik jadi lebih kecil serta simpel tetapi mempunyai potensi yang makin pandai serta hebat dalam pengoprasiaya.

Pada generasi ke lima ini, telah dikerjakan usaha peningkatan yang diberi nama Josephson Junction, tehnologi yang bisa gantikan chip. Yang bisa memiliki kapasitas potensi mengolah trilyunan pengoperasi perdetik, sesaat tehnologi chip cuma dapat mengolah miliaran operasi dalam perdetik.

Computer pada generasi ke lima dapat mengartikan bahasa manusia, manusia bisa dengan cara langsung bicara dengan computer dan terdapatnya potensi dalam penghematan daya computer.

Karakter yang mengagumkan bisa disebutkan dengan “Artificial Intelligence”, diluar itu berbasiskan GUI (Graphic User Interface), multikomunikasi serta multimedia.

Beberapa contoh computer yang sudah lahir pada generasi ke lima, yang telah berbasiskan x86, seperti chip 286 yang sudah dikenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, seterusnya chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor, selanjutnya chip 486 dikenalkan tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor.

Seterusnya pada tahun 1993 Intel mulai memperkenalkan keluarga dari processor 586 yang disebutkan dengan Pentium 1 dan jumlahnya transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Seterusnya Selanjutnya diteruskan pada generasi selanjutnya yakni Pentium 2, 3, serta 4.

Beberapa gambar yang dipertunjukkan pada generasi ini jadi lebih halus serta lebih tajam, selain itu kecepatan mengolah kapasitas, serta dalam kirim atau terima gambar jadi makin cepat.

Dengan tehnologi computer yang ada di sekarang, akan susah untuk dipikirkan bagaimana computer hari esok. Dengan tehnologi yang ada di sekarang saja, kita seolah dapat “menggenggam dunia” sebab kehebatan yang dipunyai.

Dari bagian tehnologi dari beberapa ilmuan computer dunia, mempunyai kepercayaan jika satu waktu akan terbentuk, apa yang disebutkan dengan biochip, yang dibuat berbahan protein sitetis. Robot yang dibikin dengan bahan semacam ini nanti bisa menjadi seperti manusia tiruan.

Sedang tehnologi yang sedang dalam proses riset sekarang yakni mikrooptik, dan input-output audio yang bisa dipakai pada generasi computer mendatang. Ahli-ahli sains computer pada saat ini sedang mengawali dalam coba membuat computer yang tidak membutuhkan tulisan serta pengerjaan program oleh pemakai.

Computer tanpa ada program (programless computer) ini mungkin membuat ciri penting generasi computer yang akan ditingkatkan pada saat mendatang.

Beberapa ciri computer generasi ke lima Ialah: 

  1. Masih memakai tehnologi LSI, yang tentunya mempunyai banyak peningkatan 
  2. Fitur-fitur yang makin banyak 
  3. Pemrosesan info yang tambah lebih cepat 
  4. Pada prinsipnya beberapa ciri computer di waktu yang akan tiba ialah lebih hebat serta tambah murah serta mempunyai potensi salah satunya lihat, bicara, dengar, serta lebih hebat . Dan dapat membuat rangkuman seperti manusia. 

Ini bermakna computer generasi ke lima mempunyai kecerdasan bikinan, yang dekati potensi serta perilaku manusia. Kelebihan yang lain , kecerdasan untuk meramalkan satu insiden yang akan berlangsung, dapat berkomunikasi langsung dengan manusia, serta memiliki bentuk makin kecil mempunyai banyak riwayat computer, yang bisa kita jumpai.

Tetapi tidak dapat kita pungkiri jika pena serta kertas ialah alat catat serta lambang yang dengan alami kita terima, tinggal permasalahan waktu saja sampai satu orang temukan produk hebat paling baru dengan ide pena pandai atau kertas pandai.

Riwayat Komplet Computer 

Sesudah tahu pengertian computer serta peranan computer, tentu saja Anda harus tahu riwayat computer serta perubahannya. Hingga saat Anda kelak dikasih pertanyaan tentang riwayat komplet computer, Anda dapat menerangkan dengan pas. Karena itu, di bawah ini adalah riwayat komplet computer.

1. Generasi Tabung Vakum 
Penciptaan computer untuk kali pertamanya dibuat pada tahun 1946 dan memakai tabung vakum untuk elemen baku pada computer ini. Pemakaian tabung vakum benar-benar tidak efektif sebab bisa membuahkan panas berlebihan dan memerlukan daya listrik yang besar. Computer ini dibikin oleh Mauchly dengan memakai 18.000 tabung vakum memiliki ukuran 1800 ft2 serta berat 30 ton.

Computer generasi pertama ini masih memakai bahasa mesin jadi bahasa pemrogramannya. Bahasa mesin sendiri jadi bahasa pemrograman yang paling fundamen serta cuma dapat dimengerti oleh computer. Pada sebuah waktu, computer generasi pertama bisa pecahkan permasalahan dengan potensi yang terbatas.

Input yang dipakai pada computer generasi pertama ini memakai satu kartu berlubang atau punched card dan pita kertas. Sedang untuk output yang dipakai, computer generasi pertama memakai output berbentuk print-out. Hampir seputar 1 juta dollar dihabiskan untuk bikin computer yang benar-benar mengagumkan pada eranya.

2. Generasi Transistor 
Riwayat computer bersambung pada generasi transistor. Terdapatnya transistor ini dapat jadi sinyal timbulnya generasi ke-2 dari computer. Hingga tabung vakum tergantikan dengan transistor ini yang mana bisa tingkatkan tehnologi pada saat itu.

Tehnologi transistor ini digunakan seputar tahun 1959 sampai 1965. Bila disaksikan , ukuran transistor tambah lebih kecil dibanding dengan tabung vakum. Tidak hanya dari sisi ukuran, panas yang dibuat lebih sedikit. Tidak itu saja, tingkat ketidakberhasilan condong lebih kecil. Hingga, transistor bisa jadi computer yang lebih baik dari computer dengan tabung vakum.

Untuk bahasa pemrograman yang dipakai pada computer ini, tentu saja memakai bahasa pemrograman yang berlainan. Bila awalnya memakai bahasa mesin, karena itu pada generasi ini telah memakai bahasa assembly. Pada saat ini, bahasa pemrograman CBOL serta FORTRAN sedang ditingkatkan.

3. Generasi IC 
Untuk generasi ke-3, computer pada saat ini memakai circuit terpadu atau IC jadi alternatif transistor. Transistor pada generasi awalnya diperkecil selanjutnya ditempatkan pada IC yang mana pada IC terbagi dalam beberapa transistor, resistor, dan kapasitor. Tehnologi ini pertama-tama ditingkatkan oleh satu orang insinyur listrik yang bernama Jack Kilby.

Jack Kilby selanjutnya dikasih penghargaan nobel atas penemuan computer generasi ke-3 ini. Ini karena penemuannya bisa membuat computer jadi lebih cepat serta efektif dan membuat computer dengan IC bertambah cepat dari generasi awalnya.

Diluar itu, computer IC adalah computer pertama yang memakai keyboard serta monitor yang mana awalnya masih memakai kertas. Sebab ukurannya lebih kecil serta harga yang murah, beberapa orang pada saat itu bisa beli computer ini.

4. Generasi Microprosessor 
Riwayat computer serta perubahannya bersambung sampai pada microprocessor yang sampai sekarang masih dipakai oleh warga, terhitung warga Indonesia. Awal dari computer microprocessor ini dibikin oleh IBM pada tahun 1971 yang selanjutnya pada 1984 Apple meluncurkan Macintosh.

Lahirnya generasi computer microprocessor ini jadi pemberi tanda kelahiran internet. Perubahan dari computer ini dapat disaksikan adanya GUI jadi penampilan, mouse, dan computer jinjing atau laptop.

5. Generasi AI 
Riwayat computer serta perubahannya terus bersambung sampai sekarang sampai terbentuk satu tehnologi bernama AI. Generasi computer AI yang bermakna kecerdasan bikinan ini bisa lakukan input yang lebih baik.

Serta dengan tehnologi AI ini, kita bisa menginput bahasa yang disampaikan seharian dan bisa pelajari sekitar lingkungan dan sesuaikan kondisi. Hingga tehnologi AI ini dipandang jadi terobosan paling baru dari computer, sering banyak juga developer yang memakai skema AI.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Komputer Dan Perkembangan Generasinya [bagian 4]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel