Tips Memilih Motor Bekas

Tips Memilih Motor Bekas

Tips Memilih Motor Bekas - Bagi teman-teman yang ingin beli motor second, nampaknya harus tahu dahulu panduan beli motor sisa agar tidak gampang tertipu. Diluar itu, dengan kita ketahui bagaimanakah cara pas untuk beli motor sisa, tentunya kita dapat tahu atau mengidentifikasi beberapa kekurangan atau kekurangan. Bukan tanpa ada fakta mengingat yang namanya motor sisa pasti kita tidak tahu apa yang terjadi pada motor itu sepanjang di pakai oleh pemakai pertama. Di lain sisi, pengetahuan tentang panduan beli motor sisa yang akan bagi ini nampaknya memang cukup butuh dimengerti mengingat sekarang dapat disebut cukup banyak beberapa penjual memoles motor second dagangannya demikian rupa yang diperuntukkan untuk menutupi kekurangan produk sampai dapat menjualnya pada harga tambah tinggi dari semestinya. Nah, oleh karena fakta itu, tahu dan mengerti panduan beli motor sisa jadi inti pemkajian yang cukup penting untuk didapati serta dipelajari. Lalu, bagaimana sich triknya? Makin ingin tahu ya kawan?

Nah, berkaitan dengan panduan beli motor sisa, nampaknya menjadi salah satunya pilihan bikin teman-teman semua sebelum membelinya. Masalahnya sekarang banyak sekali penjual motor sisa dimana kita belum pasti tahu apa motor sisa yang di jual itu masih juga dalam keadaan sempurna atau malah telah rusak kronis. Tentunya, dalam hubungannya dengan bagaimana panduan beli motor sisa yang akan berikan kesempatan ini, akan menolong teman-teman semua dalam beli atau cari motor sisa yang masih sehat. Diluar itu, panduan yang akan bagi ini diperuntukkan buat teman-teman yang ingin beli motor sisa tetapi ragu-ragu serta belum mengetahui bagaimana triknya memperbedakan motor sisa yang masih bagus serta yang telah tidak wajar gunakan. Oleh karenanya kesempatan ini  akan share info penting berkaitan bagaimana panduan beli motor sisa yang berkualitas serta gampang diaplikasikan agar tidak salah pilih. Untuk lebih detilnya, silahkan kita baca saja penjelasannya berikut ini.

12 Tips Memilih Motor Bekas

Di bawah ini akan menyediakan paling tidak 12 panduan beli motor sisa yang dapat rekan-rekan aplikasikan sendiri. Berikut penuturannya:

1. Pilih Type Motor yang Akan Dibeli 

Langkah awal dari panduan beli motor sisa yang butuh kawan kerjakan yakni memastikan type motor apa yang akan dibeli. Langkah berikut dikerjakan untuk memudahkan teman-teman dalam cari penjual yang sesuai motor yang kawan kehendaki. Dapat motor sport, motor bebek, atau matic. Jadi, satu kali lagi tetapkan pilihan dahulu, type motor apa yang akan dibeli.

2. Pilih Penjual yang Benar 

Pilih penjual motor yang benar adalah satu dari demikian panduan beli motor sisa. Langkah ini dikerjakan untuk menahan atau menghindarkan penjual yang nakal serta senang menipu konsumennya. Nah, untuk tahu penjual mana yang benar, teman-teman dapat cari tahu beberapa penjual motor yang telah diketahui atau telah dapat dibuktikan dalam penjualannya tidak menyedihkan pelanggannya. Diluar itu, juga bisa dengan cari kawan yang mempunyai kenalan penjual motor yang bisa diakui.

3. Tahu Harga Market Motor 

Bila rekan-rekan sudah mengetahui type motor apa yang akan dibeli serta penjualnya juga telah didapatkan karena itu panduan beli motor sisa seterusnya yaitu dengan lakukan analisa atau penelusuran harga market dari motor yang akan dibeli. Walau remeh tetapi langkah ini perlu dikerjakan. Masalahnya tiap type motor mempunyai harga yang berlainan serta bergantung dari keadaan motornya juga. Misalnya saja, bila kondisi motor masih bagus seperti baru baik dari sisi mesin atau body karena itu biasanya akan dibandrol pada harga yang cukup mahal. Tapi, demikian juga sebaliknya seandainya keadaan motor tidak seperti baru, mungkin mesinnya sedikit ada permasalahan atau bodynya banyak yang lecet maka mempunyai harga yang tambah murah. Diluar itu, penelusuran harga market ini benar-benar dibutuhkan supaya kita tidak gampang ditipu pada harga yang dibanderol penjual.

4. Check Dengan Cermat Kelengkapan Surat Kendaraan 

Panduan beli motor sisa yang tidak kalah penting yaitu harus lakukan penelusuran surat-suratnya, seperti BPKB serta STNK. Pasti, langkah ini dikerjakan untuk tahu kepastian jati diri pemilik tangan pertama hingga kita dapat pastikan jika motor sisa yang akan kita beli bukan motor curian. Bukan tanpa ada fakta mengingat sekarang cukup banyak diketemukan masalah pencurian motor hingga untuk menahan suatu hal yang tidak diinginkan juga kelengkapan surat serta berkas motor harus jadi sisi yang dilihat.

5. Cek Nomor Rangka serta Nomor Mesin 

Nah, mencapai panduan beli motor sisa seterusnya, upayakan check dengan cermat nomor rangka atau nomor mesin. Ingat, langkah pada fragmen ini butuh dikerjakan serta pantas untuk dicermati. Karena, bila nanti memang diketemukan terdapatnya kekeliruan yang berbentuk perbedaan di antara nomor rangka atau nomor mesin dengan suratnya akan menyebabkan fatal mengingat bila hal tersebut berlangsung karena itu bisa saja itu adalah hasil motor curian. Maka, langkah yang satu ini harus dicermati dalam beli motor sisa.

6. Cek Kondisi Body Motor 

Salah satunya panduan beli motor sisa yakni teman-teman harus mengecek keadaan body motor. Langkah berikut nampaknya lebih gampang dikerjakan dibanding harus memeriksa mesin mengingat dapat terlihat jelas. Upayakan jika motor itu harus tanpa ada guratan, tidak ada penyokan, serta tidak retak. Diluar itu, jika memang perlu teman-teman juga bisa bertanya apa semua suku cadang masih asli. Bila ada yang ditukar, yakinkan kualitas suku cadang itu bagus. Pokoknya, tetap tanyakanlah pada penjual berkaitan keadaan motor serta cocokan dengan keadaan real pada motor. Bila perlu, ajak satu orang (dapat rekan atau keluarga) yang memahami sangkut-paut dunia jual beli motor supaya lebih gampang dalam mengidentifikasi keadaan motor sisa yang akan dibeli.

7. Kerjakan Penelusuran pada Oli 

Butuh buat kawan minta tolong penjual untuk buka penutup oli buat memeriksan bagaimana keadaan oli, apa oli terlalu berlebih ataukah tidak. Penelusuran ini dikerjakan mengingat oli yang kapasitasnya masih full dapat menahan suara mesin hingga terdengar lebih lembut. Untuk tahu kemampuan oli, lihat pengukur batas optimal oli yang umumnya dapat disaksikan penutup oli tersebut. Pasti, langkah ini butuh dikerjakan jadi panduan beli motor sisa.

8. Cek Peranan Speedometer/Panel Tanda 

Janganlah lupa untuk lakukan penelusuran di bagian panel tanda atau speedometer. Yakinkan jika speedometer berjalan normal mengingat manfaatnya yang cukup penting jadi sumber info berkaitan keadaan motor waktu dikendarai. Perlu untuk diketahui, motor yang masih sehat serta baik tentunya mempunyai speedometer, tanda bahan bakar atau bensin, tanda lampu, serta penghitung jarak masih berperan secara baik. Nah, spesial motor gede atau motor spor, panel harus juga diperlengkapi tachometer.

9. Hidupkan Mesin 

Bila penelusuran mesin dengan kasat mata telah kita cermat karena itu panduan beli motor sisa seterusnya yakni dengan hidupkan mesin motor. Yakinkan jika suara mesin mengeluarkan bunyi halus serta lembut dan cermat adakah bunyi kasar. Diluar itu, untuk mengecek keadaan suara mesin, upayakan untuk menyalakan mesin tanpa ada gas. Tujuannya, saat mesin telah menyala jangan tergesa-gesa mengegas kencang kencang. Biarlah dahulu mesin berjalan tanpa ada digas. Pasrtikan apa motor dapat langsam (masih menyala pada putaran mesin rendah/tanpa ada digas). Ini untuk pastikan keadaan mesin masih baik ataukah tidak mengingat motor dengan kondisi mesin yang memiliki masalah pasti tidak akan langsam pada putaran mesin dibawah 1500 rpm.

10. Cek serta Rasakan Perpindahan Giginya 

Jika penelusuran suara mesin telah usai, coba kendarailah motor itu. Dengan perlahan-lahan, rasakan perpindahan gigi dari gigi 1 ke gigi 2, yakinkan perpindahan gigi yang dirasa halus supaya berkendara juga jadi bertambah nyaman. Masalahnya bila perpindahan gigi malah berasa kasar waktu dipindahkan karena itu keadaan itu mengisyaratkan jika kampas kopling harus selekasnya ditukar. Tidak cuma hanya itu, yakinkan tidak ada suara mendesir mengingat bila terdengar suara mendesir pada rantai atau pada mesin waktu berjalan pasti hal itu kemungkinan ada kehancuran pada gear motor serta harus ditukar.

11. Yakinkan Skema Kelistrikan Normal 

Panduan beli motor sisa lain yang tidak kalah penting dalam pilih motor sisa paling baik, rekan-rekan harus pastikan keadaan kelistrikannya berjalan normal. Rekan-rekan dapat mengeceknya dengan menyalakan lampu depan, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu panel, serta klakson. Diluar itu, check starter elektrik, apa masih kerja seperti seharusnya atau justru tidak bekerja bersama sekali. Sesudah dicek kok ada salah satunya elemen listrik di atas yang tidak berperan dengan prima karena itu diyakinkan ada permasalahan pada aki atau juga bisa pada sekering motor.

12. Check serta Cermat kembali Apa Motor Pernah Alami Kecelakaan atau Tidak 

Panduan beli motor sisa yang paling akhir yakni dengan mengecek serta pastikan jika motor yang akan kawan beli tidak pernah alami kecelakaan kronis. Rekan-rekan dapat mengeceknya dengan menanyakan langsung pada penjual. Untuk menahan tipu muslihat penjual karena itu teman-teman dapat lakukan penelusuran sendiri, yakni dengan membangun motor dengan standard ganda di atas permukaan yang datar. Lihat serta perhatikan dengan cermat, apa roda depan serta belakang ada pada garis yang sejajar prima. Diluar itu, lihat kesejajaran stang dengan body serta roda. Dalam soal ini, yakinkan jika pada rangka motor tidak ada kebengkokan.

Menyimak 12 panduan beli motor sisa yang sudah jabarkan di atas, pasti rekan-rekan yang ingin beli motor sisa telah mempunyai deskripsi, bagaimanakah cara penelusuran yang benar. Diluar itu, dengan tahu dan mengerti panduan di atas, pasti rekan-rekan tidak akan gampang ditipu oleh penjualnya. Tetapi, dari kesekian info di atas, hal yang sangat penting untuk didapati yaitu pada keadaan mesin motor serta aplikasi keselamatan, seperti rem. Masalahnya dua hal itu adalah yang paling inti untuk memberikan keyakinan apa motor masih sehat ataukah tidak. Nah, demikian penjelasan tentang 12 panduan beli motor sisa. Janganlah lupa simak juga tentang Oli Motor Paling baik serta Ban Motor Paling baik.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Motor Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel