Teknik Dasar Bermain Bola Basket

Teknik Dasar Bermain Bola Basket - Berikut Tentang 5 Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang butuh kamu kuasai supaya jadi pemain basket yang bener serta bagus. Artikel ini akan dusertai dengan gambar supaya lebih jelas serta gampang memahaminya. Bola basket adalah olahraga yang dimainkan dengan team, yakni 5 orang setiap regu pada sebuah laga serta dimainkan dalam 2 set, Sebab bola basket dimainkan dengan team karena itu untuk bermain dengan kolektif tentunya membutuhkan pandangan tentang teknik dasar yang baik, lebih dalam permainan basket ada 2 jenis point yang diaplikasikan saat kamu menyarangkan bola basket dalam ring. Untuk memenangi satu laga kamu dapat mengoptimalkan teknik dasar di bawah ini supaya bisa cetak 3 point serta 2 point dengan permainan indah.

Teknik Basic Permainan Bola Basket Bola basket dimainkan pada lapangan yang memiliki ukuran panjang 26 mtr. serta lebar 14 mtr.. Permainan ini dimainkan dalam 2 set dengan masing masing permainan mempunyai waktu 20 menit. Istirahat dalam olahraga ini cuma 10 menit saja, dimana waktu itu beberapa pemain diberi peluang untuk memulihkan tenaga sambil dengarkan instruksi pelatih sesudah lakukan pelajari selama permainan berjalan. Bila kamu serta teman-temanmu tidak menguasi teknik dasar bola basket karena itu tenaga yang dipunyai oleh team akan terkuras habis tanpa ada lakukan suatu hal yang benar serta ke arah pada keadaan jelek, yakni kehilangan banyak point pada suatu laga. Di bawah ini beberapa teknik dasar yang perlu kamu latih tiap hari supaya kamu mempunyai banyak andil di team dalam tiap laga.

Teknik Dasar Bermain Bola Basket

Teknik Dasar Bermain Bola Basket

1. Teknik Menggiring (Dribbling)

Teknik dasar dribbling pada basket maksudnya sama juga dengan teknik dribbling pada sepak bola, yakni untuk bawa bola menghindarkan musuh serta menyerang musuh. Bedanya ialah dribbling pada bola basket dikerjakan dengan memantul-mantulkan bola dengan satu telapak tangan terbuka, bukan memakai kaki seperti dalam permainan sepak bola. Ketentuannya jangan sampai memakai dua tangan untuk menggiring bola basket serta jangan memakai tangan yang mengepal. Ada dua type teknik dribbling dalam basket, yakni:

Dribble Tinggi 
Dikerjakan untuk menggiring bola dengan cepat masuk pertahanan musuh dengan jalan cepat / lari, teknik ini dipakai saat pemain musuh cukup jauh dari pemegang bola.

Dribble Rendah
Teknik ini dikerjakan untuk menjaga bola dari rebutan musuh main. Teknik ini dipakai saat sedang bertemu langsung dengan musuh serta ingin membuat suatu terobosan yang manfaatkan sela yang dibikin oleh musuh saat meleng.

Ingat, dalam lakukan ke-2 teknik dribbling itu kamu harus memantulkan bola sesudah lakukan 3 langkah gerakan, sebab jika lebih dari itu karena itu dipandang pelanggaran serta memberikan keuntungan faksi musuh.

2. Teknik Mengoper (Passing) 

Teknik Passing adalah teknik dasar permainan bola basket yang perlu kamu kuasai benar supaya bisa bermain dengan kolektif. Teknik passing / mengumpan adalah pergerakan melempar bola pada rekan yang masih juga dalam satu team. Passing dapat dikerjakan dengan memakai dua tangan atau satu tangan saja, arah dari lakukan passing ialah untuk jaga bola dari rebutan musuh serta membuat serangan dengan terobosan masak atau gerak tipuan. Paling tidak ada 6 type passing yang dapat dikerjakan yakni:

Overhead Pass 
Teknik passing yang dikerjakan dengan tempat bola dari atas kepala. Umpan type ini dikerjakan untuk lakukan counter attack dengan lemparkan bola jauh ke wilayah pertahanan musuh. Teknik ini dapat juga dikerjakan jika kamu memperoleh pengawalan yan ketat oleh musuh. Teknik ini adalah jalan keluar yang pas supaya bola tidak diambil oleh musuh sebab anda tidak dapat memaksa untuk terus bawa bola basket dalam kondisi yang susah untuk melalui kepungan musuh.

Chest Pass 
Teknik passing yang dikerjakan dengan tempat bola dimuka dada, teknik ini umumnya memakai lemparan dua tangan dengan arah umpan lurus pada rekan yang satu team. Teknik ini ialah teknik paling simpel dengan tingkat ketepatan tertinggi saat lakukan umpan lurus pada rekan satu team. Panduan untuk menghindarkan pergerakan yang bisa dibaca oleh musuh ialah memakai pergerakan tipuan. Coba tidak untuk lihat rekan kamu dengan cara langsung, sebab ini akan membuat musuh lebih gampang untuk membaca perg.

Baseball Pass 
Teknik ini diberi nama baseball pass sebab gayanya seperti melalukan lemparan baseball. Lemparan dikerjakan memakai tenaga yang cukup kuat serta cukup dengan satu tangan saja. Teknik ini seringkali dipakai untuk mengelabuhi musuh dengan lemparan yang mengagetkan serta tidak tersangka. Beberapa pemain basket yang memakai langkah berikut lakukan pergerakan tipu berbentuk lompatan waktu ingin menyarangkan bola ke ring tetapi pada akhirnya bola cuma diumpankan ke rekan yang mempunyai tempat yang semakin bagus.

Bounce Pass 
Teknik passing yang dikerjakan dengan memantulkan bola kebawah selanjutnya diterima oleh rekan satu team, teknik ini sebetulnya untuk menghindarkan hadangan musuh. Fakta memakai teknik ini sebetulnya sama juga dengan chest pass tetapi berlainan langkah mengerjakannya. Hadangan musuh yang lakukan teknik block pada pergerakan kamu, kelebihan teknik ini ialah kamu dapat mengelabui musuh dengan umpan pantulan bola tetapi mempunyai kekurangan bila dibanding dengan chest pass, yakni tidak dapat lakukan umpan jauh sebab pergerakan bola tidak secepat chest pass serta benar-benar susah untuk bikin pantulan sampai jarak jauh.

Hook Pass 
Teknik passing yang dikerjakan dengan satu tangan yang membuat seperti hook (pancing, kait). Lekukan lengan kamu ke atas serta melalui pundak kamu. Kamu harus melepas bola di muka muka kamu untuk umpan datar, atau lebih jauh ke arah pundak kamu untuk umpan yang tambah tinggi. Teknik ini umumnya dipakai jika anda merasakan musuh anda memberi pertahanan yang defensif, contohnya saja ada dua defender yang menghambat kamu. Teknik ini dapat juga dipakai jika musuh memangkas pojok dimana anda semestinya lakukan umpan langsung / direct passing pada rekan kamu.

Under Pass 
Teknik passing yang dikerjakan dari bawah atau lebih persisnya se-pinggang dengan bola ditempatkan dengan lurus ke rekan yang masih satu team, teknik ini dapat diaplikasikan saat ingin lakukan umpan jarak pendek. Teknik ini termasuk aman tetapi kamu harus berhati-hati sebab musuh kamu dapat memotongnya setiap saat.

3. Teknik Pivot 

Seperti namanya pivot bermakna sandaran, teknik pivot umumnya dipakai untuk lakukan gerak tipu yakni dengan mengerakkan tubuh dengan sandaran salah satunya kaki dengan ke-2 tangan yang jaga bola dari musuh. Ketentuan lakukan pivot yakni tidak bisa merubah kaki sebagai sandaran waktu memutar tubuh. Upayakan kamu pilih kaki yang terkuat menjadi sandaran waktu kamu memutar tubuh untuk lakukan pergerakan tipuan, kamu bisa menggerakan kaki lainnya seandainya kaki sandaran tidak berubah.

4. Teknik Tembakan 

Dalam basket tentunya kamu membutuhkan tembakan / shooting langsung ke ring untuk cetak point. Tembakan adalah teknik dasar permainan bola basket yang harus kamu kuasai untuk memperoleh point untuk point. Terdapat beberapa langkah untuk lakukan teknik tembakan, salah satunya :

  • Tembak dengan teknik set shoot (tempat berdiri diam di tempat) dengan satu tangan 
  • Tembak dengan teknik set shoot dua tangan 
  • Tembak dengan teknik jump shot (dibarengi dengan lompatan) 
  • Tembak dengan teknik lay up ( pergerakan lari, langkah serta meloncat) 

5. Teknik Rebound 

Teknik rebound adalah teknik dasar permainan bola basket yang dapat membuat penambahan point dari lemparan temanmu yang tidak berhasil. Banyak pelatih yang menjelaskan jika rebound adalah hal penting yang bisa memberi team kamu kemenangan atau paling tidak posession ball yang bagus. Rebound adalah teknik ambil bola basket yang tidak berhasil masuk ring, ada 2 type rebound yakni rebound ofensif serta rebound defensif. Rebound ofensif berarti lemparan yang tidak berhasil pada sebuah team diambil oleh rekan yang masih satu team selanjutnya coba shot dalam ring, jika bola masuk ring karena itu team kamu bisa 2 poin. Sedang defensif rebound ialah teknik merampas bola basket yang tidak berhasil dimasukkan oleh musuh supaya tidak ada usaha menyarangkan bola dalam ring. Kuasai teknik rebound defensif akan selamatkan team kamu dari kekalahan serta berkesempatan lakukan counter attack.

Demikian 5 teknik dasar permainan bola basket yang dapat kamu asah di rumah, dengan latihan dengan teratur tentunya kamu dapat bermain lebih baik serta meningkatkan dirimu jadi pemain basket profesional. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Bermain Bola Basket"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel